Kategori Berita
Media Network
Jumat, 14 JUNI 2024 • 14:15 WIB

Perjalanan Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024, Kontribusi Memperkuat Perekonomian Nasional

Ilustrasi belanja online kepada UMKM di digital. (Freepik)

INDOZONE.ID - Tren pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan brand lokal di awal tahun 2024 menjadi sorotan utama dalam panorama ekonomi Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM), kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia telah mencapai 61% dari Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Faktor-faktor seperti digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce, khususnya Shopee, menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal. Selama tahun 2023, lebih dari 500.000 penjual UMKM baru bergabung dengan Shopee, dengan pertumbuhan pendapatan meningkat hingga 30% dari tahun 2020-2023.

Infografik perjalanan Shopee membantu UMKM di awal 2024. (Istimewa)


Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee senantiasa mewujudkan komitmennya dalam mendorong roda perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan brand lokal. Maka dari itu, di tahun 2023 sebanyak 84% pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal dengan 93% total transaksi didominasi oleh produk lokal.

Baca Juga: Riset: Sadari Pentingnya Platform Digital, Shopee Jadi Pilihan UMKM Kembangkan Bisnis Online

Berbagai Inovasi berkelanjutan telah diciptakan guna membantu bertransformasi dan meningkatkan daya saing usaha serta memperkuat eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai bentuk komitmen, berikut Shopee bagikan laporan tren pertumbuhan UMKM serta brand lokal di awal tahun 2024:

Shopee menghadirkan akses yang mudah dan inklusif demi menciptakan peluang agar UMKM dan brand lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program yang menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan dari UMKM dan brand lokal hingga 4 kali lipat selama puncak kampanye di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Demi meraih pangsa pasar global melalui digital yang inklusif, Shopee juga menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. Tak berhenti disitu, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Terus berinovasi memberikan dampak nyata, Shopee sukses mendorong pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal melalui fitur interaktif. Shopee Live memberikan wadah bagi penjual dan pembeli berinteraksi secara real-time dan menjelaskan produknya saat live stream. Respon positif ini terlihat dari lonjakan produk lokal yang terjual lebih dari 13 kali Lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Tingkatkan Omzet Penjualan, Shopee Jadi Pilihan Utama Seller Kembangkan Bisnis Brand Lokal dan UMKM

“Banyak cerita baru sepanjang perjalanan hingga pertengahan tahun 2024 ini, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari banyak kisah kesuksesan UMKM dan brand lokal," kata Monica Vionna, selaku Director of Marketing Growth Shopee Indonesia.

"Menyaksikan mereka terus berkembang dan berinovasi dalam menciptakan produk berkualitas dan berhasil memperluas jangkauan pasarnya, memotivasi kami untuk terus memberikan dukungan terbaik bagi pelaku usaha lokal melalui berbagai program, kampanye, dan fitur interaktif, hingga pelatihan yang bisa membimbing para UMKM dan brand lokal semakin berdaya saing. Kami optimis di sisa pertengahan tahun 2024 ini akan semakin menarik dengan berbagai terobosan baru, serta dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, kita bisa saling menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.”

Tentang Shopee

Seperti yang diketahui, Shopee adalah platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan. Dengan menghadirkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, Shopee memiliki misi mendukung bisnis dalam melakukan transformasi digital dan memperluas cakupan online mereka. Platform ini membantu lebih banyak orang mengakses dan memanfaatkan layanan digital, serta memberdayakan komunitas lokal.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Press Release

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Perjalanan Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024, Kontribusi Memperkuat Perekonomian Nasional

Link berhasil disalin!