Kategori Berita
Media Network
Jumat, 06 OKTOBER 2023 • 10:30 WIB

Tingkatkan Omzet Penjualan, Shopee Jadi Pilihan Utama Seller Kembangkan Bisnis Brand Lokal dan UMKM

Menurut hasil riset Ipsos, Ipsos menjadi pilihan para pemilik brand lokal dan UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka di dunia digital.
INDOZONE.ID - Kemajuan teknologi yang terjadi beberapa tahun terakhir, membuat pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat signifikan.

Menurut hasil kajian perusahaan riset pasar Ipsos pada Maret 2023 bertajuk "Understanding The Potentiality In E-commerce Seller", Shopee menjadi paltform digital yang membantu para pelaku UMKM dan brand lokal untuk terus tumbuh dan berkembang.

Dalam risetnya, Ipsos menemukan bahwa Shopee (65%) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis kebanyakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM. Nilai tersebut berada jauh di atas Tokopedia (16%) dan Lazada (6%).

Shopee (59%) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (20%) dan Lazada (7%).

Baca Juga: Resmi Tutup Hari Ini, 'Kiamat' TikTok Shop usai Mengancam Produk UMKM

Untuk mengetahui seberapa baik citra pemain e-commerce menurut para pelaku usaha brand lokal dan UMKM, Ipsos menggunakan beberapa indikator, antara lain;

●    Pada indikator Top Of Mind (TOM), Shopee unggul dibanding marketplace lainnya. Shopee (67%) menempati urutan pertama di benak kebanyakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (16%), lalu Lazada (6%). Artinya ketika para pelaku usaha brand lokal dan UMKM mendengar platform marketplace, Shopee menjadi merek yang pertama kali muncul di benak kebanyakan mereka.
●    Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas pelaku usaha brand lokal dan UMKM adalah Shopee yang jauh unggul di peringkat pertama dengan angka 80%, disusul oleh Tokopedia (10%), lalu Lazada (3%).
●    Selain itu, menggunakan pendekatan Loyalty Ratio, diketahui performa Shopee dinilai sangat baik oleh pelaku usaha brand lokal dan UMKM dengan persentase 84%, diikuti oleh Tokopedia (14%), lalu Lazada (6%).

Menurut riset Ipsos, para seller juga memainkan faktor penting dalam menciptakan ekosistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Menurut mereka, ada tiga manfaat utama yang dirasakan pemilik brand lokal dan UMKM saat menggunakan platform marketplace.

Tiga manfaat tersebut adalah membantu meningkatkan omzet penjualan (84%), memperluas jangkauan pasar (72%), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69%). Bila dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, lebih dari setengah responden pada riset Ipsos yang sama menilai Shopee (67%) menempati urutan pertama di benak pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (16%), lalu Lazada (6%).

Baca Juga: TikTok Shop Sudah Tutup, Mendag Zulhas Minta Seller Pindah ke E-Commerce

Menurut para responden yang mayoritas merupakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM, manfaat yang paling dirasakan oleh seller dari memanfaatkan e-commerce untuk berjualan adalah adanya kampanye tematik (66%), ragam pilihan layanan pengiriman (57%), fitur-fitur interaktif (52%), muncul lebih banyaknya potensi pelanggan (43%), dan berujung pada aspek utama banyaknya promo menarik (95%) yang diberikan oleh marketplace.

Jika mengacu pada faktor paling menguntungkan yang dirasakan oleh para pelaku usaha brand lokal dan UMKM tersebut, temuan berikutnya pada riset ini pun semakin mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce favorit para pelaku usaha brand lokal dan UMKM.

Secara rinci, bila dibandingkan antara platform marketplace, lebih dari setengahnya menilai Shopee (62%) sebagai marketplace yang paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan, diikuti oleh Tokopedia (16%), lalu Lazada (6%).

Sementara untuk aspek kesesuaian produk yang dijual seller, Shopee masih unggul dengan 66%, diikuti dengan Tokopedia (15%), lalu Lazada di posisi terakhir (7%).

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Tingkatkan Omzet Penjualan, Shopee Jadi Pilihan Utama Seller Kembangkan Bisnis Brand Lokal dan UMKM

Link berhasil disalin!