Kategori Berita
Media Network
Senin, 09 SEPTEMBER 2024 • 15:38 WIB

Meta dan Spotify Uji Fitur untuk Berbagi Musik Secara Berkelanjutan di Instagram

INDOZONE - Meta, perusahaan induk Instagram, dan Spotify, layanan streaming musik terkemuka, sedang menjajaki kemungkinan untuk memperdalam integrasi musik di aplikasi Instagram.

Penemuan terbaru menunjukkan bahwa kedua perusahaan ini sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk terus membagikan musik yang mereka dengarkan melalui fitur Notes di Instagram.

Fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh insinyur reverse-engineering Alessandro Paluzzi, yang sering kali menemukan fitur yang belum dirilis saat masih dalam tahap pengembangan.

Namun, seperti yang sering terjadi dalam pengembangan teknologi, uji coba fitur ini belum tentu berarti bahwa fitur tersebut akan diluncurkan ke publik dalam waktu dekat.

Banyak perusahaan, termasuk Meta dan Spotify, sering kali menguji konsep baru untuk melihat bagaimana respon pengguna atau seberapa efektif fitur tersebut.

Potensi Fitur Baru di Instagram

Dalam sebuah tangkapan layar yang dipublikasikan oleh Paluzzi melalui Meta's Threads, terlihat adanya opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk “terus membagikan” musik dari Spotify, bukan hanya memilih lagu dari katalog musik Instagram.

Jika fitur ini diluncurkan, itu akan menjadi kelanjutan dari pengembangan sebelumnya yang diluncurkan lebih dari setahun lalu, di mana Instagram menambahkan kemampuan untuk membagikan klip lagu selama 30 detik melalui Notes.

Baca Juga: Apple Gandeng Meta untuk Diskusikan Integrasi AI Generatif di iPhone

Notes sendiri diperkenalkan pada tahun 2022 sebagai fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk berbagi status atau pembaruan singkat yang muncul di atas kotak masuk Instagram mereka.

Fitur berbagi klip lagu di Notes ini sudah tersedia di seluruh pasar dunia di mana Instagram memiliki hak lisensi musik, seperti yang diumumkan perusahaan saat pertama kali memperkenalkannya.

Kolaborasi Meta dan Spotify

Jika fitur berbagi musik ini berhasil diluncurkan, hal ini akan memperdalam kolaborasi antara Meta dan Spotify dalam hal berbagi konten musik.

Ini akan memberikan pengalaman lebih nyata dan personal bagi pengguna dalam hal membagikan apa yang mereka dengarkan, bahkan ketika mereka tidak sedang aktif menggunakan aplikasi Instagram.

Fitur ini juga serupa dengan aktivitas jejaring sosial yang saat ini tersedia di aplikasi Spotify.

Saat ini, pengguna Spotify dapat “menghubungkan dengan Facebook” untuk melihat apa yang sedang didengarkan oleh teman-teman mereka di tab terpisah di aplikasi desktop Spotify.

Selain itu, Spotify juga telah menguji fitur Community yang memungkinkan pengguna untuk melihat secara langsung apa yang sedang diputar oleh pengguna lain di perangkat seluler, meskipun fitur ini belum diluncurkan secara resmi.

Meskipun Spotify telah menambahkan lebih banyak fitur sosial seiring berjalannya waktu, seperti kemampuan untuk memberikan komentar pada podcast dan profil pengguna yang lebih kaya, perusahaan ini memahami bahwa penemuan musik sering kali terjadi di aplikasi jejaring sosial khusus di mana orang-orang telah membangun jaringan teman mereka dan lebih sering memeriksanya.

spotify (gadgets360.com)

Indikasi Kerjasama yang Lebih Mendalam

Selain itu, ada indikasi lain yang menunjukkan adanya kerja sama antara Meta dan Spotify.

Chris Messina, seorang teknologis, mengungkapkan bahwa beberapa minggu terakhir, Instagram menambahkan komponen SpotifyiOS.framework ke dalam aplikasinya.

Ia memperkirakan hal ini terjadi sekitar peluncuran versi Instagram v.338.0 lebih dari sebulan yang lalu.

Messina juga menunjukkan fitur lain yang memungkinkan pengguna Instagram menambahkan musik ke profil mereka, yang baru-baru ini diluncurkan secara resmi bekerja sama dengan penyanyi Sabrina Carpenter.

Ia berspekulasi bahwa Instagram bisa saja akhirnya mengintegrasikan penawaran ini dengan Spotify untuk lebih menantang TikTok dalam hal penemuan musik.

Respon terhadap TikTok dan Persaingan dengan Apple

Integrasi antara Meta dan Spotify ini juga bisa dilihat sebagai upaya untuk bersaing dengan popularitas TikTok yang semakin meningkat sebagai platform untuk menemukan dan berbagi musik.

Dengan mengintegrasikan Spotify lebih dekat dengan Instagram, Meta berharap bisa menawarkan pengalaman musik yang lebih kompetitif dan menarik bagi penggunanya.

Baca Juga: Spotify Kembali Naikkan Biaya Langganan, Ini Rinciannya

Kolaborasi ini juga bukan pertama kalinya Meta dan Spotify bekerja sama dalam hal fitur musik.

Pada tahun 2021, kedua perusahaan ini telah bekerja sama untuk menciptakan miniplayer di Facebook yang memungkinkan pengguna memutar musik dari Spotify langsung dari aplikasi tersebut.

Ini menunjukkan bahwa hubungan kerja sama antara kedua perusahaan sudah berjalan cukup lama dan terus berkembang.

Selain itu, baik Meta maupun Spotify kini berbagi musuh bersama, yaitu Apple.

Kedua perusahaan tersebut berpendapat bahwa monopoli Apple di App Store menghalangi mereka untuk mengelola pembayaran dalam aplikasi mereka sendiri dan mendistribusikan aplikasi mereka secara mandiri.

Sebagai gantinya, mereka harus berbagi pendapatan dari aplikasi mereka dengan Apple melalui komisi yang dikenakan pada pembelian dalam aplikasi.

Tak hanya itu, penambahan fitur privasi oleh Apple yang disebut ATT (App Tracking Transparency) juga memberikan dampak negatif terhadap bisnis iklan Meta.

Sementara itu, Apple Music secara langsung menjadi pesaing Spotify dalam industri musik streaming.

Persaingan yang semakin ketat ini mendorong Meta dan Spotify untuk bekerja sama lebih erat dalam berbagai inisiatif terkait musik.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Techcrunch.com, Cedcommerce.com

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Meta dan Spotify Uji Fitur untuk Berbagi Musik Secara Berkelanjutan di Instagram

Link berhasil disalin!