Pada tanggal 10 Maret 2022 kemarin Bandai Namco Entertainment telah meluncurkan salah satu game racing terbaru besutan Square Enix yaitu Chocobo GP untuk Nintendo Switch.
Game yang merupakan spin-off dari franchise Final Fantasy ini hadir sebagai game untuk merayakan 35 tahun ulang tahun dari seri tersebut.
Nah, INDOZONE sendiri baru-baru ini diberikan kesempatan oleh Bandai Namco Entertainment Asia untuk mewawancarai Producer dari game tersebut yaitu Hironori Okayama dan juga Director-nya yaitu Akihiko Maeda.
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang kami berikan kepada Hironori Okayama dan Akihiko Maeda terkait game Chocobo GP.
1. Mungkin masih ada beberapa gamers yang belum tahu siapa Okayama dan Maeda. Apakah Anda bisa memperkenalkan diri dan project apa yang sebelumnya Anda kerjakan?
Maeda: Saya Maeda, director dari Chocobo GP. Saya bertanggung jawab terhadap seluruh direksi dari game ini. Sebelumnya saya bekerja dalam pembuatan game Chocobo's Mystery Dungeon EVERY BUDDY! dan Wizrogue (Taito). Project besar yang pernah saya turut serta antara lain CRISIS CORE® -FINAL FANTASY VII- dan FINAL FANTASY IX.
Okayama: Saya Okayama, produser dari Chocobo GP. Saya bertugas untuk mengembangkan seri Chocobo dengan Maeda sejak Chocobo's Mystery Dungeon EVERY BUDDY!. Saat ini saya juga sedang bertugas dalam pengembangan KINGDOM
HEARTS Union χ [Cross].
2. Untuk Okayama, apa alasan Anda untuk membuat Chocobo GP? Apakah ada hubungannya dengan game Chocobo Racing yang dirilis tahun 1999 lalu?
Okayama: Untuk membuat karakter 'Chocobo' dikenal di luar Jepang, terutama untuk kaum muda, kami memutuskan untuk merilis game baru yang gampang dimainkan. Kami juga memilih genre Kart Racer karena itu adalah salah satu genre terpopuler di seluruh dunia.
Selain itu juga terdapat versi LITE dari gamenya yang tersedia gratis di smartphone yaitu Chocobo GP (dash), jadi kami berharap Chocobo bisa menjadi lebih familiar untuk para gamers di Indonesia.
Kami juga berharap Anda melihat Chocobo GP sebagai judul baru yang memiliki beberapa kesamaan dari segi elemen dengan Chocobo Racing.
3. Untuk Maeda, sejak kapan pengembangan dari Chocobo GP dimulai dan apa tantangan terbesar yang dihadapi selama pengembangan game ini?
Maeda: Tantangan terbesar yang dialami adalah bagaimana membuat game yang tidak lebih jelek ketimbang game Kart Racer sebelumnya, baik dari kualitas dan kuantitas, dengan waktu pengembangan yang diberikan. Terima kasih kepada semua yang telah membantu kami dengan pengembangannya, menurut saya kami telah menyelesaikan masalah ini.
4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Story Mode di Chocobo GP, dan ada berapa banyak tracks yang tersedia saat peluncurannya?
Maeda: Story Mode-nya sendiri bisa diselesaikan dalam waktu dua jam. Kami memang berencana membuatnya seperti itu karena kami ingin pemain dapat membuka karakter dan machine di Story Mode dan memakainya lebih sering di mode Chocobo GP. Pemain juga harus mencoba banyak track untuk membukanya semua, jadi menyelesaikan satu lap saja bukan berarti sudah selesai. Kami memiliki 20 track yang tersedia saat peluncurannya.
5. Apakah ada rencana untuk menghadirkan Chocobo GP ke platform atau console lain selain Nintendo Switch?
Okayama: Beberapa elemen seperti grafis akan membuat port ke platform lain menjadi cukup sulit, tetapi kami tertarik untuk melakukannya jika ada kesempatan.
6. Apakah ada hal lain yang ingin disampaikan kepada para fans terutama di Indonesia terkait Chocobo GP?
Maeda: Saya secara pribadi sangat suka dengan region Asia Tenggara dan saya sudah mengunjunginya cukup sering. Saya sangat senang melihat seri Final Fantasy di toko game lokal, dan juga guidebook dengan bahasa lokal untuk pemain yang ingin memainkan versi Jepang dari gamenya. Saya sangat semangat dengan Chocobo GP agar bisa dimainkan oleh kalian semua.
Okayama: Game ini memang memiliki genre Kart Racer, tetapi juga bisa dimainkan sebagai game aksi. Banyak kemampuan dan magic yang bisa dihindari. Banyak dari kemampuan juga memiliki invicibility frame ketika diaktifkan, yang mana bisa digunakan untuk perlindungan. Sekarang, pemain lah yang menentukan untuk menjadi pemain yang hebat!
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: