TikTok logo is seen in this illustration taken, June 2, 2023. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
INDOZONE.ID - Menyambut musim liburan, banyak orang kerap berbelanja untuk melengkapi kebutuhan liburan mereka. Hal inilah yang terlihat di TikTok Shop, terutama pada saat kampanye Happy Big Day 6.6 yang berlangsung tanggal 2-6 Juni 2023 lalu.
Mengutip keterangan resminya, produk-produk seperti fashion, kecantikan dan perawatan kulit, serta gadget menjadi yang paling banyak dibeli untuk persiapan liburan. Pada kampanye ini, total penjualan online di TikTok Shop pun meningkat hingga lebih dari 160%, khususnya di puncak kampanye, dan pemesanan naik dua kali lipat dibanding periode lainnya.
Menghadapi antusiasme belanja para pengguna TikTok Shop ini, para penjual pun membutuhkan strategi dan persiapan yang matang, apalagi momen tanggal kembar sudah semakin dekat.
Selain menggunakan pendekatan Shoppertainment yang menggabungkan konsep hiburan dan pengalaman belanja di berbagai konten mereka, para penjual TikTok Shop ini juga melakukan sejumlah penyesuaian agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.
Bagaimana strategi yang dilancarkan para penjual ini? Mari kita simak!
Baca Juga: YouTube Sedang Uji Coba Game Online 'Playables' untuk Desktop dan Mobile
Menunggu mungkin hal yang paling tidak suka dialami oleh pelanggan, apalagi jika mereka harus pre-order atau pengiriman barangnya lama. Tidak jarang, pelanggan memilih untuk membeli barang yang lebih mahal demi mendapatkan pesanannya lebih cepat, terutama jika barang itu perlu dibawa berlibur.
Hal ini menjadi perhatian dari Milano Cell, salah satu penjual di TikTok untuk produk kategori gadget dan elektronik. Melihat demand produk handphone cukup tinggi terutama di musim menjelang liburan, Milano Cell mengambil langkah strategis dengan membeli suplai produk dalam jumlah banyak dari distributor. Langkah ini pun diambil dengan seksama, mengingat mereka telah membangun loyalitas dengan pelanggan dan calon pelanggan di TikTok Shop.
Cara berjualan di TikTok Shop agar cepat cuan.
"Keputusan membeli suplai yang banyak dari distributor ini membantu kami memastikan bahwa pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk impian mereka. Tentunya dibantu dengan fasilitas pengiriman dari TikTok Shop yang semakin singkat waktu tunggunya, membuat pelanggan puas berbelanja di TikTok Shop kami. Selain itu, karena membeli dalam jumlah banyak dari distributor, harga yang kami tawarkan pun bisa lebih bersaing," ungkap perwakilan dari Milano Cell.
Cara jitu ini berhasil membantu penjual ini mencetak penjualan hingga lebih dari dua miliar rupiah!
Fitur livestream atau LIVE Shopping menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh para penjual untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Sesi LIVE Shopping yang dikemas dengan interaktif dan seru, serta tentunya menghibur, bisa mendorong keinginan para pengguna TikTok untuk berbelanja.
Waktu untuk menonton LIVE Shopping ini pun bisa dilakukan kapan saja, termasuk di malam hari saat sedang beristirahat. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, tidak jarang penjual menambah waktu sesi LIVE Shopping, agar selalu bisa dikunjungi oleh beragam calon pelanggan. Seperti yang dilakukan oleh Hansya Grosir Hijab, penjual yang fokus menghadirkan produk hijab di TikTok Shop.
"Dengan menambah waktu LIVE Shopping berarti kami juga perlu lebih kreatif dalam menghadirkan kontennya. Tentu tidak melulu langsung mengarahkan ke keranjang kuning, tapi bisa lebih memberikan tips, try-on, dan interaksi lainnya. Berbagai gimmick yang difasilitasi oleh TikTok Shop seperti Flash Sale dan Gratis Ongkir juga bisa membantu mengangkat penjualan," ujar perwakilan dari Hansya Grosir Hijab yang sudah membangun usahanya ini sejak di bangku kuliah.
Tercatat, produk hijab yang ditawarkan Hansya Grosir Hijab selama periode kampanye 6.6 telah mendapatkan penjualan lebih dari dua miliar rupiah, lho!
Baca Juga: Kemkominfo: Peningkatan Layanan 4G Dapat Mempercepat Transformasi Digital
Bagi penjual yang belum memiliki banyak resources untuk berjualan ataupun melakukan LIVE Shopping, kehadiran kreator affiliate bisa sangat membantu karena bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Bagi penjual, ada banyak cara agar dapat terkoneksi dengan affiliate.
Penjual bisa memanfaatkan Creators Marketplace yang disediakan oleh TikTok, bekerja sama dengan TikTok Shop Partner, ataupun menghubungi langsung para affiliate. Bahkan, tidak jarang para affiliate yang justru mendekati para penjual untuk mendukung penjualan.
Cara berjualan di TikTok Shop agar cepat cuan.
"Pemilihan kreator affiliate tentunya harus lebih seksama, dan perlu diseimbangkan dengan penjualan melalui akun sendiri. Pendampingan dari Account Manager TikTok Shop sangat membantu untuk menentukan kreator affiliate yang cocok dengan produk kami, sehingga kami bisa menjangkau audiens yang tidak hanya lebih luas, tapi juga tepat sasaran," kata perwakilan dari AFN95 Store asal Bandung yang fokus menghadirkan produk baju rajut untuk perempuan.
Sejumlah tips dari para penjual TikTok Shop selama kampanye 6.6 ini dapat menjadi masukan bagi para penjual lainnya dalam mempersiapkan diri menjelang musim liburan dan momen tanggal kembar lainnya. TikTok Shop terus membuka kesempatan bagi para penjual untuk berpartisipasi dalam program kampanye, termasuk kampanye 7.7 yang sebentar lagi akan berlangsung.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara menjadi penjual di program TikTok Shop berikutnya, kunjungi situs TikTok Shop. Pantau juga akun @tiktokshop_id untuk tahu kabar selanjutnya dari TikTok Shop!
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: