Senin, 24 JUNI 2024 • 07:40 WIB

Riset IPSOS: Sediakan Fitur COD dengan Harga Paling Murah, Shopee Jadi Ecommerce Paling Memuaskan

Author

Ilustrasi berbelanja di e-commerce. (Freepik/rawpixel.com)

INDOZONE.ID - Shopee menjadi platform ecommerce paling memuaskan dalam hasil riset terbaru IPSOS yang bertajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”.

Riset yang dilakukan melalui metode Online Panel ini, melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce yang tersedia di Indonesia.

Menurut Executive Direktor IPSOS Indonesia, Andi Sukma, riset ini dilakukan untuk mengulik aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam merasakan pengalaman belanja yang holistik.

Indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir.

"Melalui riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut," kata Andi dalam pernyataan resmi, Senin (24/6/2024).

Berdasarkan hasil riset, Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

Shopee, dengan 62% responden, menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

Riset IPSOS tentang platform ecommerce paling memuaskan.

Strategi Ecommerce Hadirkan Pengalaman Belanja Holistik

Memberikan pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama pada sebuah platform e-commerce.

Jika diamati lebih lanjut, terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online.

Tabel di bawah ini menunjukkan aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja online, disertai dengan skor kepuasaan yang dirasakan oleh setiap e-commerce, dengan skor paling tinggi di angka 5.

Riset IPSOS tentang platform ecommerce paling memuaskan.

Dari data di atas, Shopee unggul dalam semua aspek yang dicari saat berbelanja melalui platform e-commerce, jauh melampaui platform lainnya.

Berikut beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden, dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:

Ragam Metode Pembayaran

Sebanyak 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

Baca Juga: Hati-hati, Penting Jaga Keamanan Agar Tak Tertipu Belanja Online, Simak Tips Berikut!

Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD).

Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66% diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.

Toko Resmi dan Kelengkapan Produk

Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

Harga Termurah

Selain kelengkapan produk, konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah. Dalam hal ini, Shopee memimpin di angka 64%, jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%).

Keunggulan Shopee juga didukung oleh hadirnya program khusus Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui oleh 74% responden.

Sedangkan fitur harga termurah dari platform lain mencatat asosiasi yang lebih rendah, di antaranya Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan Tiktok Shop (37%).

Data ini didukung dengan hasil riset, dimana 88% responden kerap memanfaatkan Shopee Garansi Harga Termurah.

Ragam Layanan Pengiriman

Ragam layanan pengiriman juga dinilai cukup penting oleh responden. Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

Ragam Cara Belanja

Fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek, juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja.

IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

Selain itu, keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan juga dipengaruhi oleh posisi Shopee yang unggul dalam indikator lainnya, seperti tampak dalam tabel berikut.

Riset IPSOS tentang platform ecommerce paling memuaskan.

”Beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini, dimana para pemain e-commerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat," kata Andi Sukma.

"Melalui data yang ditemukan oleh IPSOS, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi e-commerce yang unggul dalam upaya menghadirkan pengalaman belanja holistik paling memuaskan bagi pengguna,” sambungnya.

Kenyamanan dalam Pengiriman dan Pengembalian

Pengalaman belanja holistik yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah.

Melalui riset ini, IPSOS menemukan bahwa Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

Maka dari itu, tidak  heran jika Program "Garansi Tepat Waktu" menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya.

Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

Kebijakan pengembalian barang yang mudah juga dinilai penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik pengguna.

Baca Juga: Rivalitas E-Commerce Memanas di Akhir Tahun 2023, Siapa yang Jadi Pilihan Favorit Brand Lokal dan UMKM?

Jika melihat dari layanan Garansi Bebas Pengembalian, 66% pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan Tiktok Shop (8%).

Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal jauh lebih luas oleh 77% responden, jauh di atas program serupa dari platform e-commerce lainnya, seperti pada Tokopedia (47%), Lazada (44%), dan TikTok Shop (31%).

Menurut Andi Sukma, konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform.

"Dari data yang telah kami peroleh dan sajikan melalui riset ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat," kata Andi.

Shopee, kata dia, tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat, serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek.

Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen.

"Semua aspek ini menjadikan Shopee sebagai platform e-commerce yang paling diandalkan dan direkomendasikan oleh konsumen di Indonesia," tambah Andi Sukma.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Press Release