INDOZONE.ID - Vending Machine ini dinamai Moraeru Jihanki, yang jika diterjemahkan menjadi “Anda Dapat Memiliki Apa yang Ada di Dalam Mesin Penjual Otomatis.”
Seperti vending machine pada umumnya, mesin ini terlihat normal dan tampak seperti mesin biasa untuk transaksi jual beli dengan pembayaran non-tunai.
Pada mesin ini tidak ada slot untuk memasukkan uang kertas atau koin, namun ada petunjuk yang melibatkan smartphone di sisi kanannya.
Memang, vending machine ini memerlukan keterlibatan smartphone untuk bisa mendapatkan produk dari mesin.
Baca Juga: India Terbangkan Roket Ke Black Hole untuk Dipelajari
Tentu saja tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Sebagai gantinya, dengan menggunakan aplikasi perpesanan Line, kita diharuskan untuk berteman dengan akun Line resmi Moraeru Jihanki (もらえる自販機).
Kemudian kita dapat melihat item yang ada di mesin tersebut, lalu pilih produk yang diinginkan, dan mengirimkan kode produknya ke akun Moraeru Jihanki.
Akun tersebut kemudian akan membalas dengan URL ke survei singkat, dan setelah kita mengisinya, kita akan diberikan kode QR.
Tampilkan kode QR di layar ponsel perlu diletakkan di depan pemindai vending machine, dan kode tersebut akan mengeluarkan produk yang dipilih tadi, tentu saja gratis.
Baca Juga: Live Streamer Jepang Menunjukkan Aplikasi Keren Penanda Akan Datangnya Gempa
Ada alasan dibalik produk-produk gratis ini. Tujuan Moraeru Jihanki bukanlah untuk mendapatkan uang secara langsung.
Akan tetapi, untuk membantu riset pemasaran, membantu perusahaan menentukan susunan demografis dan keinginan pelanggan potensial yang tertarik dengan produk mereka.
Mesin tersebut baru mulai digunakan pada akhir bulan Oktober 2023, dan saat ini mesin tersebut penuh dengan barang-barang dari perusahaan produk perawatan dan kecantikan Kose Cosmeport yang menawarkan sampel sampo, kondisioner, dan masker perawatan kulit wajah dari perusahaan tersebut.
Moraeru Jihanki bukanlah mesin khusus Kose Cosmeport, kemungkinan besar mesin ini akan diisi dengan berbagai produk lain seiring berjalannya waktu. Tentu saja ini merupakan ide pemasaran yang cukup cerdas.
Menawarkan sampel gratis melalui pos untuk mengukur minat konsumen dan menentukan pasar inti suatu produk adalah strategi yang telah digunakan perusahaan selama bertahun-tahun.
Namun beberapa calon peserta survei kehilangan minat setelah mereka mendengar bahwa mereka harus menunggu lama sampai mereka benar-benar mendapatkan barang gratisnya.
Sama halnya dengan promosi tatap muka dimana staf membagikan sampel di tempat untuk mengisi kuesioner menawarkan kepuasan instan.
Namun juga disertai dengan biaya tambahan untuk mengangkut produk ke lokasi, mempekerjakan staf acara, dan kemudian mengangkut semua yang tersisa kembali ke lokasi.
Khusus untuk barang-barang yang tidak mudah rusak seperti produk kecantikan, Moraeru Jihanki memungkinkan orang untuk mendapatkan sesuatu secara gratis segera dengan biaya minimal bagi perusahaan.
Moraeru Jihanki terletak di lantai atap department store Kichijoji Tokyu, di sebelah bagian Sun Plaza. Alamat: Tokyo-to, Musashino-shi, Kichijojihoncho 2-3-1.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Japan Today