Helldivers 2 ( web @thegamer )
INDOZONE.ID - Selama tahun lalu, Helldivers 2 mengalami serangkaian nerf pada berbagai senjata dan strategi yang akhirnya memicu perdebatan panjang di komunitas gaming.
Banyak pemain mempertanyakan keputusan ini, terutama mengingat Helldivers 2 adalah game pemain-versus-lingkungan (PvE) di mana satu-satunya pihak yang dirugikan dari strategi yang terlalu kuat hanyalah musuh dalam game seperti Terminid, Automaton, dan Illuminate.
Melihat reaksi dari komunitas, Arrowhead Studios akhirnya merespons dengan mengubah pendekatan mereka. Mereka menetapkan rencana pembaruan dalam 60 hari yang membalikkan beberapa nerf dan lebih memprioritaskan kesenangan pemain dalam bermain action game ini.
Keputusan ini disambut baik oleh komunitas, dan sejak saat itu, Helldivers 2 berjalan dengan lebih stabil. Dengan rata-rata 50.000 pemain aktif bersamaan setiap hari, game ini berhasil mempertahankan popularitasnya meski sudah satu tahun sejak peluncurannya.
Baca Juga: Spesifikasi Lengkap untuk Main Silent Hill f di PC !
Johan Pilestedt, direktur Helldivers 2 sekaligus mantan CEO Arrowhead Studios, semakin menegaskan filosofi desain game yang lebih mengutamakan pengalaman bermain daripada keseimbangan yang kaku.
Dalam sebuah sesi di Game Developers Conference (GDC), ia mengungkapkan pandangannya bahwa terlalu fokus pada keseimbangan justru bisa merusak pengalaman pemain.
Menurutnya, banyak desainer game saat ini yang terjebak dalam obsesi terhadap keseimbangan, padahal itu hanya mencakup 5% dari keseluruhan desain game.
Jika kamu sejak awal terlalu fokus pada keseimbangan dan menjadikannya tolok ukur utama kesuksesan game, maka itu adalah kesalahan besar.
Lebih lanjut, Pilestedt menjelaskan bahwa desain game bukan tentang membuat semuanya seimbang, tetapi tentang menciptakan pengalaman bermain yang menarik.
Menurutnya, jika semua aspek permainan terlalu diseimbangkan, maka game tersebut justru kehilangan daya tariknya.
Baca Juga: Peni Parker Kena Nerf Besar, Ini Dampaknya di Marvel Rivals
Meskipun Helldivers Meta bisa berkembang tanpa nerf berlebihan, tetap ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam desain game berbasis PvE.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Thegamer.com