INDOZONE.ID — Layanan keuangan digital PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) menjalin kerja sama strategis dengan PT Indolima Perkasa (Indolima) untuk memperkuat digitalisasi proses rantai pasok (supply chain) mulai dari transaksi pembayaran, penyaluran dana, hingga distribusi logistik ke sejumlah stakeholdersnya.
Salah satu bentuk kolaborasinya adalah Aplikasi iGooana, aplikasi mobile untuk aktivitas salesman dan motorist dalam melakukan pencatatan pesanan produk-produk retail dari PT Indolima Perkasa yang didistribusikan melalui Mitra UMKM (seperti toko kelontong ataupun modern retail) yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.
Kerjasama ini merupakan langkah nyata LinkAja menghadirkan layanan digital pada ragam layanan dan bisnis sekaligus menghadirkan solusi digital yang inovatif pada segmen usaha UMKM hingga segmen korporasi yang lebih berdampak pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif.
Saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Direktur Utama Indolima Tito Kadaryanto menjelaskan bila kolaborasi tersebut merupakan bentik kerjasama pihaknya dengan pihak lainnya. Kerjasama ini bisa menghasilkan solusi buat para sales dan distributor mereka yang mengantar barang dan menerima uang cash yang kadang terlalu banyak menimbulkan masalah.
Baca Juga: Transaksi Melonjak 154,63%, BRImo Semakin Menjadi Pilihan Masyarakat
"Bicara tentang cash selalu menimbulkan masalah-masalah. Jadi teman-teman di lapangan itu, bawa barang pulangnya bawa cash. Nah, kadang-kadang nggak nyetor cashnya, bisa kemana-mana, akhirnya terjadilah fraud. Makanya kita mencar jalan bagaimana supaya tidak terjadinya fraud, ya kita bekersama dengan LinkAja," ucapnya.
Kolaborasi ini tentunya memudahkan Indolima yang memiliki jaringan distribusi sekitar satu juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa klien mereka membutuhkan saluran distribus produknya dia sampai lapangan yang bisa memudahkan transaksi keuangannya.
Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja menyampaikan melalui keterangan resminya, sebagai digital financial solutions, mereka optimis melalui transformasi digital yang kami lakukan untuk PT Indolima Perkasa dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses, waktu dan operasional Indolima yang diharapkan akan berkontribusi secara linear pada peningkatan bisnis.
"Penyaluran dana operasional Karyawan Indolima diharapkan mampu mempermudah dan menjadikannya tepat guna. Selain itu, kerja sama ini juga diharap memberi dampak positif pada pelaku bisnis UMKM di ekosistem PT Indolima Perkasa dalam meningkatkan produktifitas dan pengembangan usaha melalui pembayaran digital yang akan menciptakan kemudahan serta memberi jaminan keamanan atas pembayaran yang dilakukan.”
Baca Juga: Pentingnya Literasi Digital untuk Membangun Komunitas yang Melek Teknologi
PT Indolima Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang Field Marketing, Sales Activation, Event Organizer, dan Digital Marketing, dengan 11 cabang di kota besar Indonesia. Perusahaan berskala nasional yang telah 28 tahun memiliki jaringan distribusi yang menghubungkan distribusi produk mulai dari tingkat principal (distributor utama) hingga pengecer dengan jangkauan sampai pelosok Nusantara.
Di tahap pertama kerjasama, transformasi digital dilakukan melalui digitalisasi penyaluran dana operasional bulanan (disbursement) kepada 5.800 karyawan PT Indolima Perkasa. Selain itu, retailer-retailer mitra dari PT Indolima Perkasa juga akan menggunakan kode Quick Response (QR Code) yang diintegrasikan di aplikasi iGooana, yang merupakan aplikasi distribusi barang yang dimiliki Indolima yang digunakan oleh lebih dari 3.500 Salesman dan Motorist.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: