Kategori Berita
Media Network
Selasa, 01 OKTOBER 2024 • 17:38 WIB

Jangan Cuma buat Hepi-hepi, Pakai Instagram dan TikTok untuk Personal Branding: Begini Caranya!

Ilustrasi Instagram. (REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo)

INDOZONE.ID - Media sosial kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern, terutama dengan adanya platform terkenal, seperti Instagram dan Tiktok sebagai sarana hiburan. 

Selain itu, Instagram dan Tiktok juga bisa digunakan untuk membangun personal branding. Lalu, mengapa personal branding penting? Bagaimana cara memanfaatkannya di Instagram dan TikTok? Simak penjelasan berikut!

Ilustrasi TikTok. (REUTERS/Dado Ruvic)

Personal Branding

Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan citra diri di mata publik. Di era digital, personal branding dapat membedakan kamu dari orang lain dan menonjolkan keunikan sendiri. 

Media sosial adalah alat ampuh yang memungkinkan individu, untuk menampilkan diri mereka sesuai dengan tujuan dan keahlian tertentu.

Instagram dan TikTok adalah platform yang sangat visual, cocok untuk membangun identitas pribadi. Instagram memungkinkan kamu berbagi foto dan video dengan nuansa lebih profesional. 

Baca Juga: Instagram Hapus Arsip Story, Begini Cara Memulihkan Data ke Google Drive!

Sementara itu, TikTok memberikan ruang untuk kreativitas melalui konten video singkat yang bisa cepat viral. Kedua aplikasi itu memiliki jutaan pengguna aktif yang bisa menjadi audiens potensial, terutama dengan tidak batasan pengguna. 

Jadi, misalnya, kamu seorang desainer, pelatih kebugaran, atau pengusaha kecil, platform ini dapat membantu meningkatkan popularitas dan memperluas jaringan.

Berikut adalah beberapa cara membangun personal branding di kedua platform Instagram dan Tiktok. 

  1. Instagram

  - Gunakan feed dengan tema konsisten dengan warna, gaya, dan tone dari konten yang diunggah seragam sehingga memperkuat identitas visual Anda.

  - Manfaatkan fitur Stories untuk interaksi sehari-hari dan Reels untuk konten kreatif yang lebih panjang serta informatif.

  - Tambahkan bio yang jelas dan padat, seperti menjelaskan siapa diri kamu dan apa yang ditawarkan dalam beberapa kalimat singkat.

  1. TikTok 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Forbes, Social Media Examiner

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Jangan Cuma buat Hepi-hepi, Pakai Instagram dan TikTok untuk Personal Branding: Begini Caranya!

Link berhasil disalin!