INDOZONE.ID - Grup Pemasaran Digital dan Teknologi RED Asia Inc, meluncurkan terobosan dan inisiatif terbaru mereka, Ready to Evolve and Disrupt with AI (RED AI) For Indonesia.
Inisiatif ini diluncurkan berbekal pengalaman dalam industri pemasaran digital selama lebih dari dua dekade, yang dimiliki RED Asia Inc dan perusahaan-perusahaan unggulannya seperti Redcomm, Salt dan Insignia.
Managing Partner Red Asia Inc. Damon Hakim menjelaskan, RED AI For Indonesia bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara bisnis di Indonesia dan teknologi AI.
Hal ini dilakukan dengan menawarkan piranti dan solusi yang dapat diakses untuk merevolusi bagaimana pasar lokal mengembangkan bisnisnya.
Inisiatif dan terobosan dari RED Asia Inc ini mencakup peluncuran tiga teknologi AI, satu layanan baru untuk transformasi bisnis dengan AI, dan satu program pendanaan untuk akselerasi yang khusus ditawarkan startup berbasis AI di Indonesia.
"Inisiatif RED AI For Indonesia merupakan perwujudan komitmen kami untuk mendorong inovasi dan transformasi digital dalam lanskap bisnis di Indonesia agar bisa bersaing bahkan di tingkat global," kata Damon Hakim.
Baca Juga: Lagi Trend dan Banyak Digunakan, Benarkah Bing Image Creator AI Mendukung Israel?
"Dengan pemahaman mendalam kami tentang pasar dan kemampuan teknologi kami sebagai grup pemasaran digital dan teknologi yang integratif dan terlengkap di Indonesia, kami siap memimpin perubahan paradigma ini menuju masa depan yang menggabungkan kapasitas dan kreatifitas manusia dengan AI," sambungnya.
Mengutip data IBM Global AI Adoption Index 2022, Direktur Ekonomi Digital dari Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Nailul Huda, menyebut penggunaan teknologi AI telah mengalami peningkatan dua kali lipat pada 2022 dibandingkan dengan yang terjadi pada 2017.
"Belanja untuk AI juga meningkat hingga 26 persen per tahun hingga tahun 2026. Hal tersebut ditunjang dengan kenaikan penetrasi internet yang masif dalam beberapa tahun terakhir," tutur Nailul Huda.
"Penggunaan AI akan semakin masif. Inisiatif pihak-pihak terkait juga akan mengakselerasi peningkatan penggunaan AI sehingga akan semakin menimbulkan manfaat secara ekonomi," imbuhnya.
Adapun sejumlah layanan dan produk teknologi AI yang diusung RED AI For Indonesia untuk mendukung kinerja bisnis adalah sebagai berikut.
SALTX.AI
SALT menghadirkan SALTX.AI untuk memimpin dalam transformasi yang didukung AI dan meningkatkan pertumbuhan kinerja bisnis melalui integrasi AI.
Menurut CEO & Co-Founder SALT, Marco Widjojo, solusi-solusi ini dirancang untuk meningkatkan alur pendapatan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional, mendorong proses pengambilan keputusan berdasarkan data, dan meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) secara keseluruhan.
Dia menyebut prinsip panduan SALTX.AI terangkum dalam moto "Al First, Human Assisted".
"Di era pertumbuhan teknologi, bisnis di Indonesia harus terus bertransformasi. SALTX.AI hadir untuk mendukung transformasi ini dengan teknologi AI," kata Marco Widjojo.
INSIGNIA IQ
INSIGNIA IQ yang diperkenalkan Insignia adalah sebuah Pusat Manajemen Data yang didukung oleh tenaga AI yang dengan mudah menghubungkan berbagai sumber data, mengubah format, dan memastikan kualitas data murni.
Semua hal tersebut dapat dilakukan melalui platform tunggal yang disempurnakan dengan Al.
INSIGNIA IQ juga menghasilkan pengetahuan dalam bentuk narasi, mengubah kumpulan data yang kompleks menjadi cerita yang mudah dipahami.
Direktur Insignia, Richard Ho, mengatakan INSIGNIA IQ dirancang untuk pengguna dengan beragam tingkat keahlian. INSIGNIA IQ memastikan bahwa insight berbasis data dapat diakses untuk kemudian ditindaklanjuti, dan bersifat universal.
Dia menyebut pengguna dapat merasakan pengalaman yang mulus di mana data menjadi lebih dari sekedar angka - data juga berbicara.
"Melalui Insignia IQ, perusahaan dapat meningkatkan pemanfaatan dan penggunaan data, mengubah data yang kompleks menjadi wawasan yang mudah dimengerti untuk digunakan oleh semua orang," kata Richard Ho.
RED-AINSTEIN
RED-AINSTEIN diluncurkan oleh Redcomm, salah satu perusahaan pemasaran digital terkemuka di Indonesia.
RED-AINSTEIN adalah Asisten AI yang terus-menerus mempelajari jutaan data, memadukan kecerdasan AI dengan kreatifitas tim Redcomm.
Ini untuk meningkatkan efektifitas pemasaran digital bagi kliennya mulai dari riset pasar, strategi melawan pesaing, sampai konten media sosial berbasis data demi meningkatkan performa kampanye pemasaran digital dengan ROI yang tinggi.
RED-AINSTEIN secara kontinyu mempelajari tentang brand, para pesaing, percakapan di media sosial, dan kinerja pemasaran, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, menjadikannya otak pemasaran tambahan yang dapat mengungkap blindspot yang mungkin terlewat oleh manusia.
Red-AInstein bekerja secara eksklusif di dalam tim agensi pemasaran digital Redcomm, meningkatkan layanan tim tersebut dalam membangun ekosistem pemasaran digital yang efektif, khusus bagi para klien Redcomm.
ASK-DEA
ASK-DEA adalah komponen penting dari RED AI For Indonesia yang diprakarsai oleh Redcomm. Ini merupakan sebuah asisten pemasaran digital berbasis AI yang bisa digunakan secara self-service (swalayan) untuk UKM dan perusahaan rintisan.
Seperti layaknya memiliki agensi pemasaran digital sendiri, ASK-DEA dapat menghasilkan ide dan strategi awal untuk pemasaran digital yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan brand yang masih dalam tahap awal.
Mulai dari ide kampanye mutakhir hingga strategi pemasaran yang akan menarik perhatian, ASK-DEA meningkatkan peluang bagi brand UKM Indonesia untuk menonjol dari pesaingnya dan berkembang pada tahap awal.
Baca Juga: Bahaya Kecerdasan Buatan di Masa Depan: Menggali Potensi Risiko yang Perlu Dihadapi
Sebagai dukungan untuk pertumbuhan UKM di Indonesia permulaan, RED AI For Indonesia akan memberikan akses ASK DEA ke 100 UKM di Indonesia untuk merasakan bagaimana AI dapat mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka.
RED AI-VENTURES
RED AI-VENTURES, dana program akselerasi khusus yang dirancang eksklusif untuk sektor Al yang sedang berkembang di Indonesia. Misinya adalah untuk mengidentifikasi dan membina startup tahap awal yang tidak hanya menunjukkan visi Al-sentris yang kuat, tetapi juga memiliki teknologi eksklusif yang unik dan kepemimpinan teknis yang kuat.
RED AI-Ventures lebih dari sekedar investasi modal, namun berkomitmen untuk mendorong startup terpilih mencapai tingkat yang belum pernah dialami sebelumnya.
Ini dilakukan dengan memberi mereka akses ke jaringan strategisnya yang luas, dukungan operasional langsung, dan bimbingan yang sangat berharga dari para perintis di industri ini.
Untuk permulaan, RED AI-Ventures akan menargetkan 5-10 startup tahap awal. Para pendiri startup tersebut dapat mendaftarkannya startup mereka di ventures@redasiainc.com.
RED AI For Indonesia oleh RED Asia Inc memberi peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk menikmati potensi dan keunggulan AI yang dapat membawa mereka ke skala baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.
Dengan menerabas batas-batas dan memberdayakan bisnis dengan teknologi canggih, RED AI For Indonesia mengawali era baru inovasi digital dan perubahan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: