Shadow Of Mordor ( web @thegamer )
INDOZONE.ID - Saat ini, bukan lagi rahasia bahwa Warner Bros. telah mematenkan Sistem Nemesis, fitur inovatif yang membuat duologi Middle Earth begitu dicintai oleh para penggemar.
Meski begitu, Monolith Productions, studio di balik pengembangan fitur ini, baru-baru ini ditutup sebagai bagian dari restrukturisasi besar-besaran.
Paten untuk Sistem Nemesis sendiri masih berlaku hingga 11 Agustus 2036, yang berarti masih butuh waktu lama sebelum ada pihak lain yang dapat menciptakan inovasi serupa dalam industri game.
Namun, yang masih menjadi misteri adalah bagaimana sistem permainan yang begitu revolusioner ini pertama kali diciptakan. Menurut salah satu mantan eksekutif Warner Bros., inspirasi utama di balik pengembangannya ternyata berasal dari dinamika pasar game bekas, dan peritel seperti GameStop.
Baca Juga: Locomoto: Game Bertema Kereta Api yang Siap Hadir di PC dan Switch
Seperti yang dilaporkan oleh GamesRadar, mantan eksekutif Warner Bros. Laura Fryer, mengungkapkan detail menarik, mengenai proses penciptaan Sistem Nemesis.
Dalam sebuah video retrospektif yang membahas pengalamannya di perusahaan, Fryer menjelaskan berbagai faktor yang mendorong terciptanya sistem inovatif tersebut.
Salah satu faktor utama yang ia soroti adalah bagaimana Warner Bros. menyadari, lebih banyak orang memainkan Arkham Asylum game besutan Rocksteady daripada yang benar-benar membelinya.
Fenomena ini terjadi karena banyak pemain memilih menukar atau membeli game bekas dari peritel seperti GameStop, yang berdampak pada berkurangnya pendapatan penerbit karena mereka hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan salinan baru.
Dengan keterbatasan mesin Monolith Productions yang tidak dapat menciptakan pengalaman dunia terbuka layaknya Grand Theft Auto, serta keputusan tim untuk tidak mengembangkan mode multipemain, maka lahirlah Sistem Nemesis.
Fitur ini hadir sebagai solusi inovatif yang memberikan pengalaman unik bagi pemain, sesuai dengan visi tim pengembang.
"Pemikiran inilah yang melahirkan Sistem Nemesis, yang bisa dibilang salah satu fitur permainan paling kreatif dan inovatif dalam sejarah industri game modern," ungkap Fryer.
Dan pernyataannya tidak berlebihan. Sistem Nemesis memang menjadi salah satu fitur game paling menarik, memungkinkan pemain menciptakan alur cerita mereka sendiri, berdasarkan interaksi dengan karakter di dalam permainan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Thegamer.com